Article

SHARE  

Perkembangan Sandwich Panel dalam Bidang Konstruksi

Sebagai bahan bangunan, sandwich panel memiliki struktur tiga lapis yang terdiri dari dua lembar bahan keras yaitu logam, PVC, fiberboard, dan piring magnesit. Dan diantaranya terdapat lapisan isolasi. Semua bagian tersebut direkatkan dengan tekanan panas atau dingin, sesuai dengan tujuan penggunaanya. Structural Insulated Panel (SIP) biasanya digunakan sebagai bahan bangunan untuk konstruksi perumahan. SIP sendiri terdiri dari dua papan berorientasi untai (OSB), lapisan isolasi padat (Styrofoam), dan di bawah tekanan suntikan Polyurethane (PU). Sandwich panel juga dapat digunakan dalam konstruksi komersial, seperti pembangunan bangunan prefabrikasi dengan rangka baja seperti, bangunan industri, pusat perbelanjaan, bangunan pertanian, fasilitas olah raga dan lain-lain. Selain itu, penggunaan sandiwch panel dengan lapisan logam dapat diaplikasikan sebagai penghubung bangunan konstruksi.

Awal mula Sandwich panel di Amerika Serikat

Sandwich panel pertama kali dikenalkan oleh Frank Llyod Wright, seorang arsitek di tahun 1930. Ia menggunakan sandwich panel dengan madu untuk proyek pondok berlantai satu yang dirancang untuk perumahan ekonimis. Walaupun sandwich panel yang diperkenalkan oleh Wright memiliki beberapa kelemahan, namun tujuan utama dari penggunaan sandwich panel tersebut adalah untuk menggabungkan estetika dan kemudahan pemasangan dengan sandwich panel.

Pada tahun 1950, arsitek lain, Alden B. Dow. & CEO Dow Chemical, yang juga murid Wright menciptakan ergonomis tiga lapis sandwich panel dan di lapisi kayu lapis yang di gunakan sebagai bahan bangunan rumah The Sandwich Panel House atau di kenal sebagai Paul N. Sutton Residence di 4619 Concord Court di Midland, Michigan.

Seiring dengan berkembangnya penggunaan sandwich panel, pada Mei tahun 1959, perusahaan Koppers Inc. Memulai produksi masal sandwich panel untuk pembangunan bangunan rumah yang diberi merk Dylite. Sandwich panel diproduksi dengan bahan dasar Polystyrene, serta kayu lapis. Lalu pada tahun 1960, perusahaan Amerika Alside Home Program, mampu secara signifikan mengurangi waktu produksi. Akan tetapi karena permintaan rendah, perusahaan pun bangkrut.

Berkembangnya PIR dan PU sandwich panel

Berdasarkan laporan dari asosiasi EPIC (Engineered Panels in Construction), teknologi sandwich panel yang menngunakan poliuretan polyisocyanurate (PIR) dan busa polyurethane (PU) muncul pada 1970-an. Hingga pertengahan 80-an, panel semacam itu dipasang langsung di lokasi konstruksi, tetapi pada awal tahun 90-an sandwich panel pertama dengan pengisi busa poliuretan muncul sebagai produk akhir. Pada akhir tahun 90an panel tersebut sudah menempati 40% pasar sandwich panel.

 Perkembangan sandwich panel hingga saat ini

Hingga saat ini Sandwich Panel di gunakan sebagai bahan dari partisi dinding, serta plafond di beberapa area. Salah satu nya seperti area clean room, pada bangunan dan ruangan rumah sakit, dan bangunan industri. Sandwich Panel hingga sekarang menjadi pilihan dalam melakukan konstruksi bangunan karena beberapa alasan seperti hemat energi, memiliki keuatan peredam panas, & peredam suara yang baik, mampu di aplikasikan secara cepat, perawatan yang mudah & di buat sesuai pesanan.

Itulah informasi yang terkait dengan Sandwich Panel. Anda dapat memilih panel yang anda butuhkan karena kualitas yang di tawarkan & harga yang sesuai budget dengan menggunakan merk MASPEN.

Memiliki rencana untuk memggunakan sandwich panel untuk bangunan anda? Rencanakan bersama MASPEN dengan menghubungi 021-88374598 / 085960000278 (24/7)

Sumber:

https://panellantaiaac.com/sandwich-panel/ 

https://abadiario.com/sandwich-panel-pu/

0 Comment

Leave a Comment

MASPEN™ Anti Bacterial Non Porosif Fast & Clean Installation

Interested in our products and want to work together please click the button below.