Article

SHARE  

Terbengkalai 1 Dekade, Pembangunan 2 Gedung RSA UGM Akhirnya Tuntas

Sebagai salah satu rumah sakit rujukan Covid-19, Rumah Sakit Akademi UGM meningkatkan fasilitasnya dengan menghadirkan dua gedung tambahan guna meningkatkan kapasitas RSA UGM dalam menangani pasien Covid-19. Peresmian dua gedung RSA UGM, yaitu Gedung Arjuna dan Yudhistira dilaksanakan pada hari Senin (8/6/2020). Menteri Sekretaris Negara, Pratikno meresmikan penggunaan RSA UGM tersebut secara virtual.

Sebelum diresmikan, menurut data dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), proyek pembangunan ini sempat terhenti di tahun 2010, dengan progress pekerjaan masih 75%. Pekerjaan lanjutan penyelesaian RSA UGM dilaksanakan sejak 20 April 2020 dan diselesaikan pada 31 Mei 2020 atau sekitar 37 Hari. Pembangunan lanjutan RSA UGM dilakukan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya melalui Badan Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi DIY dengan kontraktor PT. Adhi Karya dan Manajemen Konstruksi PT. Virama Karya. Lingkup pekerjaan meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, mekanikal elektrikal dan plumbing.

Direktur Utama RSA UGM, dr. Arief Budiyatno, Ph.D., Sp.KK(K) menjelaskan jika sebelumnya kapasitas di RSA UGM hanya 16 bed, maka sekarang menjadi 107 bed. Dengan rincian 80 tempat tidur rawat inap, 2 tempat tidur ruang tindakan dan 25 tempat tidur ruang isolasi. Gedung Yudhistira memiliki luas 4.177 m2 dengan kapasitas 38 tempat tidur, sedangkan Gedung Arjuna memiliki luas 4.505 m2 dengan kapasitas 69 tempat tidur.

Dengan adanya penambahan bed tersebut, Arief mengatakan, bukan hanya kapasitasnya saja yang bertambah, tetapi dari segi kualitas pun harus ditambah. Ruang perawatannya dibangun sesuai dengan standar yang telah diterapkan oleh kementerian Kesehatan RI serta Internasional. Arief menjelaskan bahwa terdapat fasilitas tekanan negatif dengan standar nasional dan internasional untuk ruang isolasi perawatan pasien Covid-19. Ruang isolasi juga dilengkapi dengan tekanan negatif. Sehingga, virus atau bakteri tidak dapat keluar dari ruangan. Dengan demikian, pasien non-Covid-19 tidak perlu khawatir untuk berobat ke RSA UGM.

 

Sumber:

https://jogja.tribunnews.com/2020/06/08/dua-gedung-baru-rsa-ugm-diresmikan

https://www.liputan6.com/bisnis/read/4273533/dibangun-37-hari-rsa-ugm-buat-pasien-corona-resmi-dibuka

0 Comment

Leave a Comment

MASPEN™ Anti Bacterial Non Porosif Fast & Clean Installation

Interested in our products and want to work together please click the button below.